Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020

Sab, 10 Okt 2020 09:21:03am Berita Istana
logo10_10_10181

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020

Sabtu 10/10/2020 Sumber Berita Istana Pelulis : Arw |Edito : Umy

SRAGEN, -Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun diperingati pada saat kehidupan sehari-hari kita telah banyak berubah akibat pandemi Covid-19.

Beberapa bulan terakhir telah membawa banyak tantangan bagi petugas kesehatan, siswa yang beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, pekerja yang mata pencahariannya terancam, belum lagi mengelola kesedihan karena kehilangan orang yang dicintai karena Covid-19.

Konsekuensi ekonomi dari pandemi ini sudah dirasakan banyak pihak, karena perusahaan melepaskan stafnya dalam upaya menyelamatkan bisnis mereka, atau bahkan bangkrut.

Berdasarkan pengalaman masa lalu, kebutuhan akan kesehatan mental dan dukungan psikososial akan meningkat secara substansial dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Investasi dalam program kesehatan mental di tingkat nasional dan internasional, yang belum mendapat banyak perhatian, sekarang menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Inilah mengapa tujuan kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini adalah meningkatkan investasi dalam kesehatan mental.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling terabaikan. Hampir 1 miliar di dunia memiliki gangguan kesehatan mental, 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat penggunaan alkohol yang berbahaya dan satu orang meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri.

Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia telah terpengaruh oleh pandemi Covid-19, yang berdampak lebih jauh pada kesehatan mental masyarakat.

Namun, sedikit orang di dunia yang memiliki akses ke layanan kesehatan mental yang berkualitas. Di negara berpenghasilan rendah dan menengah, lebih dari 75% orang dengan gangguan mental, neurologis, dan penyalahgunaan zat tidak menerima pengobatan sama sekali untuk kondisi mereka.

Akses terbatas ke perawatan kesehatan mental yang berkualitas dan terjangkau di dunia sebelum pandemi, semakin berkurang karena Covid-19 telah mengganggu layanan kesehatan di seluruh dunia.

Itulah sebabnya, pada Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini, WHO, bersama dengan organisasi mitra, United for Global Mental Health dan World Federation for Mental Health, menyerukan peningkatan besar-besaran dalam investasi kesehatan mental.

Untuk mendorong tindakan publik di seluruh dunia, kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia, “Gerakan untuk Kesehatan Mental: Mari Berinvestasi telah dimulai pada bulan September.

“Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah kesempatan bagi dunia untuk berkumpul dan mulai memperbaiki pengabaian terhadap kesehatan mental,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.

“Kami sudah melihat konsekuensi pandemi COVID-19 pada kesehatan mental masyarakat, dan ini baru permulaan. Kecuali jika kami membuat komitmen serius untuk meningkatkan investasi dalam kesehatan mental saat ini, konsekuensi kesehatan, sosial, dan ekonomi akan berdampak luas,” ujarnya.

Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Dunia diperingati pertama kali pada 10 Oktober 1992. Ini dimulai sebagai kegiatan tahunan Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH) oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter. Hari tersebut secara resmi diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Oktober.

Pada awalnya, Hari Kesehatan Mental Dunia tidakmemiliki tema khusus. Tujuannya adalah untuk mempromosikan advokasi kesehatan mental dan mendidik publik tentang isu-isu yang relevan.

Dalam tiga tahun pertama salah satu kegiatan utamanya adalah siaran dua jam secara global melalui sistem satelit badan informasi AS dari studio di Talahassee, Florida.

Pada tahun 1994, atas saran Sekretaris Jenderal Eugene Brody saat itu, tema Hari Kesehatan Mental Sedunia ditentukan untuk pertama kalinya, yaitu “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia”.

Pada tahun 1995 berbagai acara internasional dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental, mulai dari rangkaian acara selama sebulan di Mesir, hingga konferensi yang diadakan oleh Federasi Prancis untuk Kesehatan Mental di Kementerian Kesehatan, hingga sebuah perayaan komunitas di Kepulauan Mikronesia kecil di Pasifik.

Setiap tahun, Hari Kesehatan Mental Sedunia kemudian diperingati dengan tema. Tahun lalu, temanya adalah “Promosi Kesehatan Mental 2019 dan Pencegahan Bunuh Diri”.(Arw)

 

Share this :

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Refleksi Satu Tahun Pemerintahan Jokowi – Maruf Amin, Wajah Baru Indonesia, Wajah Rakyat Bahagia

Ming, 18 Okt 2020 01:59:45am

JAKARTA ,- Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, menyampaikan keterangan pers dalam Refleksi Satu Tahun Pemerintahan Jokowi – Maruf Amin. Sabtu...

TAMPILNYA GIBRAN Demi Memakmurkan Rakyat Bukan Untuk Diri Sendiri

Sab, 17 Okt 2020 09:07:32pm

SOLO,-Tercatat dalam sejarah bahwa Nusantara sejak zaman kerajaan Sriwijaya sudah disegani banyak kerajaan di dunia karena kemampuannya mengelola...

Peringati Wisuda Putra Sulung Husin Muchtar Pimpinan PT. MWM Adakan Syukuran

Sab, 17 Okt 2020 08:56:10pm

  Lampung Tengah - Husin Muchtar Pimpinan PT. Media Winata Mandiri (MWM) mengadakan syukuran kepada warga disekitar perumahannya bertempatan...

Rumah Frans Sae di Besipae Terbakar, Istri dan Anak Tinggal Pakayan Dibadan

Sab, 17 Okt 2020 08:47:53pm

  Kupang (NTT) - Sudah jatuh tertimpa tangga lagi, nasib 37 kepala keluarga warga Besipae yang rumahnya dibongkar oleh Pemda Propinsi NTT pada...

Petani Pertama di Palas, Budidayakan Jamur Tiram Kini Mulai Menuai Hasil

Sab, 17 Okt 2020 01:42:32pm

Sabtu, 17 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Petani yang pertama membudidayakan Jamur Tiram asal Desa Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang...

GM FKPPI Jambi Hadiri Silaturahmi Ormas dan OKP Bersama Polda dengan Tema Jambi Cinta Damai

Sab, 17 Okt 2020 05:14:57am

Sumber Berita Istana |Penulis Megy |Editor :Umy Sabtu 17/10/2020 Sound Syestem...

Jelang Pilkada Sragen, Bijaklah Bersosial Media

Sab, 17 Okt 2020 05:07:39am

Sumber Berita Istana : Penulis : Adiat Santoso / Editor : Umy Sabtu 17 /10/20 ...

Surat Edaran Stikering Plt Gubernur Aceh Dicabut Ada Apa

Jum, 16 Okt 2020 04:59:57pm

  Banda Aceh -- Masih belum hilang diingatan masyarakat Aceh program stickering BBM subsidi dengan menempelkan stiker yang bertuliskan...

Kunjungan Audensi DPD KNPI Diterima Kapolres Padang Lawas

Jum, 16 Okt 2020 04:52:43pm

  Jum'at, 16 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas, Kapolres AKBP Jarot YA.SIK di dampingi Wakapolres Kompol JW. Sijabat terima kunjungan...

Kiat Pembentukan Dan Penyuluhan Koperasi Serta UMKM Di Gelar Oleh PDIP Aceh

Jum, 16 Okt 2020 09:04:59am

  Banda Aceh -- PDI Perjuangan Aceh Menggelar Pembentukan Dan Penyuluhan Koperasi Dan UMKM yang di dampingi oleh Dinas Koperasi dan UKM Aceh...

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

WhatsApp
Hello, we are here for any question, feel free to talk with us
×
Translate »
error: Content is protected !!
Lewat ke baris perkakas