Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya
bG9jYWw6Ly8vcHVibGlzaGVycy82NjIyNy8yMDIxMDYyNjE1NDQtbWFpbi5jcm9wcGVkXzE2MjQ2OTcwNjcuanBlZw

MEDAN,-Misteri kasus penembakan yang menyebabkan tewasnya Mara Salem Harahap alias Marsal, seorang wartawan di Simalungun, Sumatera Utara akhirnya terungkap.

Kapolda Sumatera Utara Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menunjukkan sosok tersangka penembak Mara Salem Harahap alias Marsal.

Dalam paparan kasus di Polres Siantar itu, dalang pembunuhan, Sujito yang juga mantan calon Wali Kota Siantar turut dihadirkan.

Di hadapan Kapolda Sumut, Sujito mengaku dia lah yang memerintahkan anggota TNI untuk menembak Marsal hanya sebagai shock terapy saja ujarnya.

Sujito mengaku kesal kepada Marsal yang terus-terusan meminta uang kepadanya.

“Saya sebenarnya mau beri shock teraphy. Cuma saya mengatakan, ini (korban) mau buat rusuh. Kalau enggak dibedil (ditembak), enggak bisa. Baru ada ketakutan dibuatnya,” kata Sujito, Kamis (24/6/2021).

Hukum Berat Oknum TNI yang Terlibat Pembunuhan Wartawan Mara Salem Harahap
Hukum Berat Oknum TNI yang Terlibat Pembunuhan Wartawan Mara Salem Harahap

 

Senada dengan Sujito, Yudi, anggotanya yang menjabat Humas di diskotek Ferari Kafe Bar and Resto menyampaikan sudah berupaya menjalin komunikasi dengan Marsal.

Namun tidak ada kata sepakat. Malah Yudi merasa resah, lantaran terus diancam akan diberitakan.

Atas keresahan itu, Yudi pun turut menyusun rencana penembakan Marsal.

Pembunuhan Marsal ternyata turut melibatkan anggota TNI aktif berinisial AS.

Karenanya, Kapolda Sumut turut mengundang Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin saat memaparkan kasus penembakan tersebut.

Dalam paparan ini, polisi awalnya memeriksa 57 saksi beserta CCTV di sejumlah lokasi yang sempat disambangi korban.

“Modus operandi yang dilakukan oleh pelaku dan motif adalah tumbuhnya rasa sakit hati oleh S (Sujito) selaku pemilik kafe dan resto terhadap korban yang selalu memberitakan peredaran narkotika di tempatnya,” kata Irjen Panca Simanjuntak.

Namun demikian, korban Marsal Harahap juga justru meminta sejumlah uang sebagai syarat tak akan memberitakan hal yang buruk di lokasi usaha milik Sujito.

“Korban meminta uang sejumlah Rp 12 juta per bulan dan per harinya meminta 2 butir ekstasi, bisa dibayangkan teman teman?,” kata Kapolda.

Atas sikap korban, Sujito kemudian kesal dan merasa perlu memberi pelajaran kepada korban.

Sujito kemudian memanggil Yudi yang merupakan Humas di karaoke Ferari untuk menyusun rencana memberi pelajaran terhadap korban.

“Saudara S meminta Y memberikan pelajaran kepada korban. Tersangka S bertemu Y serta bersama saudara AS di Jalan Seram Bawah Siantar. Di mana saudara S menyampaikan kepada Y dan AS kalau begini orangnya cocoknya ditembak,” terang Kapolda kepada awak media.

Kapolda Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin menunjukkan barang bukti kasus pembunuhan Mara Salem Harahap di Kantor Polres Siantar, Kamis (24/6/2021). Mara Salem Harahap alias Marsal dibunuh karena sering memberitakan KTV Ferrari sebagai tempat peredaran narkoba.

Kapolda Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin menunjukkan barang bukti kasus pembunuhan Mara Salem Harahap di Kantor Polres Siantar, Kamis (24/6/2021). Mara Salem Harahap alias Marsal dibunuh karena sering memberitakan KTV Ferrari sebagai tempat peredaran narkoba. (beritaistana.id Medan Bonardon Nasution)
Kapolda menyampaikan, atas dasar tersebut Yudi selaku humas menindaklanjutinya.

Dia kemudian membicarakan masalah ini dengan AS di wilayah Siantar.

Adapun korban sebelum kejadian sempat minum-minum tuak di kedai milik Ibu Ginting di daerah Siantar.

Kronologis Penangkapan AS

Eksekutor yang menembak Marsal tak lain oknum anggota TNI berinisial AS.

Belakangan diketahui, AS merupakan anggota Yon Infantri 122/Tombak Sakti.

AS berpangkat Prajurit Kepala (Praka).

Saat Kapolda Sumut bersama Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI Hassanudin merilis kasus ini, ternyata Praka AS belum ditangkap.

Praka AS baru ditangkap pada Jumat (25/6/2021) dinihari kemarin.

Menurut Kepala Penerangan Kodam I/BB Letnan Kolonel Infanteri Donald Erickson Silitonga, saat ini Praka AS sudah diamankan di Pomdam I/BB.

“Saat ini yang bersangkutan sudah berada di Pomdam I/BB. Kami bekerja sama dengan Polda Sumut (melakukan pengungkapan kasus), dan ini lagi proses penyelidikan dan penyidikan,” kata Donald.

Bersambung….!!

Share this :

Baja Juga

News Feed

Kapolres Magelang Kota Kalrifikasi Polisi yang Viral di Media Sosial Tik- Tok

Jum, 12 Nov 2021 06:44:25pm

  KOTA MAGELANG –. Sebuah video sempat viral di media sosial “tik tok” yang diunggah akun @Ditmar Project Channel pada hari Rabu...

Harapan Petani Atas Kehadiran Dua Bendungan di Jawa Timur

Sel, 30 Nov 2021 04:14:50pm

JAKARTA,-Harapan Petani Atas Kehadiran Dua Bendungan di Jawa Timur Keberadaan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng yang diresmikan Presiden Joko...

Sukun Goreng Buatan Oma Banda Khas Kota Ambon

Sel, 30 Nov 2021 06:00:24am

Sukun Goreng Buatan Oma Banda Khas Kota Ambon Ambon - Tak lengkap ke Ambon, kalau belum mencoba Sukun Goreng Putri Angkasa. Panganan yang menjadi...

Kapolres Kampar Pimpin Patroli Illog Ke-Kawasan Hutan Rimbang Baling di Kampar Kiri Hulu

Sen, 29 Nov 2021 03:37:23pm

KAMPAR,-Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH memimpin langsung Tim TEMBAK (Team MamBolo NAgoghi Kampar) melakukan patroli ke kawasan Hutan...

Kendati Disiram Gerimis Upacara HUT Korpri di Aceh Utara Tetap Khidmat

Sen, 29 Nov 2021 10:15:57am

Kendati Disiram Gerimis Upacara HUT Korpri di Aceh Utara Tetap Khidmat Aceh Utara -- Hujan gerimis yang mengguyur kawasan perkantoran Pemkab Aceh...

Kodim 1504/Ambon Bersama Komponen Masyarakat Gelar Penghijauan

Sen, 29 Nov 2021 06:30:13am

AMBON,-Kodim 1504/Ambon Bersama Komponen Masyarakat Gelar Penghijauan Sinergitas dan kerjasama Kodim 1504/Ambon dengan masyarakat saat ini sudah...

Wagub Orno Buka Jambore PA Tingkat Provinsi ke-23

Ming, 28 Nov 2021 04:40:12pm

Wagub Orno Buka Jambore PA Tingkat Provinsi ke-23 AMBON, - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, membuka resmi penyelenggaraan Jambore...

Ming, 28 Nov 2021 03:48:03pm

  PEKANBARU-Pengawasan sekaligus penindakan hukum terhadap maraknya praktik illegal logging sejumlah kawasan di Provinsi Riau diintensivkan....

Sabtu Sehat Prajurit dan Persit Yonarmed 11 Kostrad Laksanakan Olah-Raga Bersama

Sab, 27 Nov 2021 10:04:32pm

Sabtu Sehat Prajurit dan Persit Yonarmed 11 Kostrad Laksanakan Olah-Raga Bersama Magelang -Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Armed TNI AD yang ke-76,...

Denis Penuhi Panggilan Penyidik Polres Semarang Terkait Penyegelan Rumah Pribadi

Sab, 27 Nov 2021 09:51:40pm

SEMARANG,- A Denis (22) Senin ,- (8/11) memenuhi panggilan unit II Polres Semarang yang pada tanggal 13 oktober telah melaporkan terkait penyegelan...

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

WhatsApp
Hello, we are here for any question, feel free to talk with us
×
Translate »
error: Content is protected !!
Lewat ke baris perkakas