PNNB Eks Barumun Tengah Palas Gelar Festival Adat, Seni dan Budaya

PNNB Eks Barumun Tengah Palas Gelar Festival Adat, Seni dan Budaya
bnn-3
Minggu, 01 Maret 2020 I Penulis : Bonardon.

BERITAistana.com. Padang Lawas

Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Eks Barumun Tengah adakan Festival Adat, Seni dan Budaya bertempat di Lapangan Bola Katimbung Dilaut Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas.
Ketua Umum PNNB Eks Barumun Tengah Parulian Hanapi Siregar dalam laporannya saat pembukaan acara kemarin,  menjelaskan bahwa acara festival tersebut di ikuti utusan utusan Kecamatan Eks Barumun Tengah yakni ; Kecamatan Barumun Tengah, Kecamatan Sihapas Barumun, Kecamatan Aek Nabara Barumun, dan Kecamatan kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 29/2 hingga tanggal 02/3-2020.
PNNB Eks Barumun Tengah Palas Gelar Festival Adat, Seni dan Budaya
Dikatakannya sebagai Thema acara Festial yakni untuk; Menanamkan nilai nilai adat Istiadat /Kearifan lokal untuk generasi muda yg ber Akhlak dalam mewujudkan Padang lawas yg Bercahaya.
Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk lebih mencintai kekayaan Adat dan. Budaya kita yang hampir terkikis akibat perkembangan zaman yang lebih condong ke budaya kebarat baratan.
Ada 4 kategori yg diperlombakan ;
1.Tor-Tor Naposo-Nauli Bulung
2.Cerdas Cermat Tentang Adat Seni dan Budaya
3.Makkobar Boru Marlojong
4.Menulis Sejarah Huta. pungkas Parulian.
Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Amran Pikal Siregar yang di wakili Ir. Ike Taken Hasibuan Anggota DPRD Palas perwakilan Dapil 3 dalam sambutannya menyampaikan,  ” saya sangat berterima kasih kepada seluruh NNB Eks Barteng yang telah membuat acara festival ini” dan saya sangat mengapresiasi terwujudnya kegiatan seperti ini,
Harapan saya kedepan acara ini bisa terlaksana secara berkesinambungan, kenapa…? karena melalui kegiatan ini Adat, Seni dan Budaya yang telah turun temurun dari Nenek Moyang kita bisa kita pelihara, disamping itu kita bisa memerangi arus Budaya Asing yang sangat luar biasa menghancurkan norma norma sosial adat dan budaya kita.
Dikatakan Ike, sasaran budaya Asing itu lebih condong terhadap Pemuda Pemudi Bangsa ( NNB ) kita, tampak jelas di sekeliling kita banyak yang sudah terpengaruh terhadap Media Sosial ( Medsos) tanpa terkendalikan keperibadian kita, disamping itu juga hampir disetiap Desa generasi muda kita sudah banyak yang hancur akibat ikut ikutan Narkoba.
Sungguh kasihan,,,,!  tentu,  saya yakin dengan acara Festival  ini setidaknya dapat mengalihkan perhatian pemuda pemudi (NNB) kita dari  pengaruh narkoba, pungkas Ike Taken.
Secara singkat, Sekwan DPRD Palas H. Edy Mirson dalam sambutannya juga menyampaikan agar Pemuda pemudi khususnya PNNB eks.Barteng harus ikut andil dalam pembangunan Padang Lawas, khususnya di bidang pengembangan SDM demi tercapainya Padang Lawas yang Bercahaya.
Turut hadir dalam acara pembukaan festival tersebut yaitu ;
Anggota DPRD dapil 3 MHD.IKE TAKEN HASIBUAN, KETUA BADAN PEMANGKU ADAT PADANG LAWAS, KAPOLSEK BARUMUN TENGAH AKP SAMMAILUN SH PULUNGAN. KORAMIL 10 BINANGA
PIMPINAN OKP. KARANG TARUNA,
PIMPINAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN, TOKOH ADAT Dan
TOKOH MASYARAKAT .
(Bonardon).
Share this :
TAG :
Bagikan Artikel:

BERITA TERKINI

BERITA TERKAIT
png_20220525_130650_0000
jpg_20220528_195817_0000
Direktur Utama PT. Berita Istana Negara
IMG-20220426-WA0245
Direktur Utama PT Berita Istana Negara
PARYONO, S.H, M.H DPR RI
png_20220605_184523_0000
png_20220616_214056_0000
png_20220525_130019_0000
Ganjar_Pranowo,_Gubernur_Jateng_Periode_II
20220513_112936_0000
UPDATE KORONA

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

Kontak Kami

Dikelola oleh:
BIRO PERS, MEDIA, DAN INFORMASI
SEKRETARIAT PT BERITA ISTANA NEGARA

Siaran Pers•Foto Berita Istana•Video BI-Nesw•Transkrip

Website : https://www.beritaistana.id
YouTube : Berita Istana-tv

© 2022 BeritaIstana.id. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer