Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

BOOK REDAKSI : BERITAISTANA.COM

REDAKSI: BERITA ISTANA.COM

Dengan hormat:

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, Pimpinan Redaksi BERITAISTANA.COM dan  PEWARTADESA.COM Media Online Dengan situs berita resmi https://www.beritaistana.com / https://www.pewartadesa.com dengan ini menugaskan :

Untuk melakukan kegiatan peliputan di instansi pemerintah dan swasta diseluruh wilayah Indonesia dan luar negeri , dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Surat tugas ini berlaku untuk 1 (satu) tahun sejak tanggal dikeluarkan.

2. Lokasi / wilayah peliputan meliputi kantor- kantor pemerintah, swasta, dan lingkungan masyarakat:

3. Yang bersangkutan melaksanakan tugas peliputan secara baik dan benar, dengan mematuhi kode etik Jurnalistik yang berlaku bagi wartawan profesional di Indonesia dan kode etik pewarta warga yang dikeluarkan oleh BERITAISTANA.COM (BI)

4. Yang bersangkutan menyalurkan / menyiarkan berita hasil liputannya dimedia online BERITAISTANA.COM.

5. Yang bersangkutan senantiasa berkoordinasi dengan semua unsur terkait yang ada dilokasi peliputan.

Demikian surat tugas ini dibuat dan diberikan kepada yang bersangkutan untuk dapat dilaksanakan sebagai mana mestinya.

Kepada semua pihak terkait diharapkan kiranya dapat membantu yang bersangkutan dalam pelaksanaan tugasnya tersebut terima kasih.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai Citizen Reporter setiap pewarta Tidak dibenarkan:

1. Menerima imbalan uang atau materi lainya yang dapat mempengaruhi obyektivitas informasi/berita.

2.Menyampaikan berita yang bersifat,bohong, fitnah,pemutarbalikan fakta, membahayakan keselamatan negara dan bangsa. cabul, dan yang di nyatakan " off the record" oleh narasumber.

3. Melakukan plagiarisme dan menyadur hasil karya orang lain tanpa menyebutkan sumber informasi/ berita.

4. Mencari dan menyampaikan informasi/berita dengan cara tidak beretika, bersifat pemaksaan, berat sebelah dan tidak menjujung tinggi azas "praduka tidak bersalah".

Setiap Citizen Reporter bertanggung jawab penuh atas semua informasi dan berita yang disampaikannya di media masa.

Selanjutnya, Jika ada hal yang dapat kami bantu sehubungan dengan keanggotaan di BERITA ISTANA.COM (semisal surat tugas peliputan, dan lain-lain); mohon tidak segan-segan menghubungi sekertariat Berita istana.com di alamat tersebut di atas atau Call / SMS Center 085325126894.

Dan Jika ada yang mencurigakan terhadap wartawan atau anggota silahkan hubungi nomor yang tersedia. Phone : 0852-5751-5757 | 0853 2512 6894.

SUSUNAN REDAKSI:

BERITAISTANA.COM

 

PT-SAMUDRA MUTIARA SATRIA.

 

SK MENKUMHAM.AHU- 0171968.01.11 Tahun 2018.

SIUP :91.2000.81.627.85.

NPWP : 86.863.178.9-646.000.

Kantor : Dukuh Rejosari RT 03 RW- Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah, Telp. 0852 5751 5757 / 085325126894

Email : Beritaistana3@gmail.com |Naimwarsito@gmail.com |pewartad@gmail.com

Homepage : www.beritaistana.com

Penasehat:

1.Wilson Lalengke S.pd M.sc. MA. Ketum (PPWI) 2.Prikuntadi SH. 3.Gunarno ST. 4.Agung Joko Setianto SH.

Direktur : Iswahyudi.

Pimpinan Redaksi:

1.Warsito Nusantoro Pamungkas.

Wakil Redaksi:

1.Sri Uminah.

2.Tri Widodo.

Devisi Hukum:

1.Ady Prayitno SH. M,kn.

2.Musliadi SH.MH.

3.Kiki Mintoroso SH.MH.

4.Letkol. CPM (Purn) Iwayan Sudama, SH.MH

Dewan Redaksi:

1.Rois Hidayat SH.

Redaktur : Bonardon Nasution.

Layout : Dedy S.

Keuangan : Sri Uminah

Marketing : Bowo Hariyanto

TIM LIPUTAN:

Sragen : Yanto, Agung, Gun, Rois, Arif,  Umy.

Klaten : Bowo Hariyanto, Suhendar, Nanang.

Boyolali : Hartono, Sriyono, Agung, Suwarji, Priyono.

Demak : Abdul Rokhim, Suryantono.

Grobogan : Adi Prayitno SH. Mkn., Wiwin.

Semarang : Alimun, bayu, Seshil, Denok. 

Kendal : Ipung, Hery, Hendry. 

Jogyakarta : Kiki Mintoroso SH. MH, Imam. 

Kalteng : Elby Saputra , Tri Widodo.

Padang Lawas : Bonardon Nasution, Riski Pratama, Eko.

Rokan Hulu : Eko Sahputra.

Magetan : Ika DA, Satria

Madiun : Saris P Maryono.

Ponorogo : Nano Sujarno.

Pacitan: Septian Dwi Cahyo, Rojihan. Kabiro Jatim : Budiono

Ngawi : Bormanto, Heritno S, Budiono.

Pamekasan : Muh Romli.

Surabaya/ Bangkalan : Eko Subroto.

Jabodetabek : Saefudin, Nasional :PPWI Media Group.

Kontributor : Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Wartawan www beritaistana.com dilengkapi surat peliputan/Kartu Pers dan serta tercantum namanya didalam kolom.

 

Jakarta 1 Januari 2019

Ketua Umum "Persatuan Pewarta Warga Indonesia" (PPWI). Dan Pimpinan Redaksi : Beritaistana.com mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1441-H

 

Pimpinan Redaksi:BERITAistana.com

PEWARTA DESA

PEWARTADesa.com merupakan portal warga online, media komunitas yang fokus pada informasi Warta Desa Kota/Kabupaten Provinsi. Portal Media Online PEWARTADesa.com ini diluncurkan kali pertama pada hari Jum'at 20 maret tahun 2020 Sebagai media komunitas, PEWARTADesa.com dikelola secara sederhana dengan konten yang "Sangat Lokal" seputar kejadian maupun informasi yang dibutuhkan warga desa di seluruh indonesia.

Para penggiat PEWARTADesa.com merupakan relawan yang tidak mendapatkan honor dalam aktifitasnya.

Seperti banyak media komunitas lainnya, PEWARTADesa.com berawal dari Media Online yang tergabung dari BERITAistana.com Pada tahun 2019, penggiat PEWARTADesa.com dipertemukan dalam jaringan BERITAistana.com yang berada di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah dan di seluruh Indonesia.

Warsito Nusantoro Pamungkas, Selaku Pimpinan Redaksi BERITAistana.com dalam tulisannya di akun Facebook yang bertajuk Kabar Dari Desa mengungkapkan bahwa PEWARTADesa.com saat ini merupakan media komunitas yang terbesar diwilayah Jateng dan seluruh Indonesia . Laman di Facebook "INFORMASI UMUM RAKYAT INDONESIA, sampai saat artikel ini ditulis, sudah disukai dan diikuti oleh 273 ribu orang lebih. Sesuai jargon _“SAATNYA WARGA DESA BERSUARA”_ PEWARTADesa.com menerbitkan berita-berita yang sifatnya sangat lokal, mulai dari jalanan rusak, Sosial, Seni Budaya, Potensi Desa, Rasa Nasionalisme, Gotong Royong sampai Info tentang Desa.

Alur kerja Redaksi PEWARTADesa.com sederhana, yaitu perwarta pergi liputan ke lapangan, menulis, lantas mengirimkannya pada redaksi email: pewartad@gmail.com  / beritaistana3@gmail.com yang siap mengedit dan menaikkan berita. Cara ini membuat update berita di PEWARTADesa.com cukup cepat. Dalam hitungan menit, berita yang dikirim pewarta dari lapangan sudah bisa naik.

Bahan liputan PEWARTADesa.com beragam, mulai dari usulan warga, informasi yang disampaikan warga lewat ponsel, rilis berita, sampai undangan seremonial. Ciri lokalitas PEWARTADesa.com terus dipertahankan ketika menulis profil atau liputan acara.

Tantangan terberat yang dihadapi PEWARTADesa.com saat ini adalah dari aspek keberlanjutan, baik finansial maupun sumber daya manusia. Hingga saat ini, seluruh dana operasional PEWARTADesa.com didanai dari kantong penggiatnya. PEWARTADesa.com sengaja tidak membuat sponsored content atau advertorial karena takut mengurangi independensi. Kami tunggu dukungan Anda agar warga terus bersuara. _"SAATNYA WARGA DESA BERSUARA"_

PERBEDAAN JURNALIS DAN WARTAWAN

Mari kita mulai dengan jurnalis, jurnalis berasal dari awal kata journal yang berarti catatan harian. Jurnalis memiliki pekerjaan yang identik dengan penulisan laporan, mereka adalah orang-orang yang istilahnya intelijen dalam suatu tim redaksi. Jurnalis dapat bekerja sendiri sebagai penulis suatu artikel, yang nantinya artikel tersebut akan dimuat ke sebuah makalah yang dikerjakan oleh tim redaksi. Jurnalis juga dapat bekerja mencari berita dan melaporkannya lewat tulisan.

Dilanjutkan dengan wartawan, wartawan adalah seseorang yang bekerja di media cetak atau media tayang dan menjadi bagian dari sebuah tim redaksi. Ia dapat bekerja meliput suatu kejadian, serta dapat bekerja menulis suatu berita. Mereka menjadi fondasi untuk sebuah bagian redaksi suatu media massa, seorang wartawan dapat bekerja secara fleksibel melakukan kedua pekerjaan reporter dan jurnalis tersebut. Jadi intinya, seorang reporter, tv atau radio, seorang jurnalis adalah wartawan, namun seorang wartawan belum tentu adalah seorang reporter atau jurnalis yang tertegun pada satu pekerjaannya, seorang wartawan dapat bekerja menjadi keduanya.

Jurnalis meliputi juga kolumnis, penulis lepas, fotografer, dan desain grafis editorial. Tapi pada kenyataan referensi penggunaannya, istilah jurnalis lebih mengacu pada definisi Wartawan.

Dalam pendefinisian berita istana (BI), wartawan berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis, di antaranya mencari data (riset, liputan, verifikasi) untuk melengkapi laporannya. Wartawan dituntut objektif, berbeda dengan penulis atau kolomnis yang bisa mengemukakan subjektivitasnya.

Pada awal abad ke-19, jurnalis berarti seseorang yang menulis untuk jurnal. Dalam abad terakhir ini arti jurnalis telah menjadi seorang penulis untuk koran dan majalah.

Banyak orang mengira jurnalis sama dengan reporter, seseorang yang mengumpulkan informasi dan menciptakan laporan, atau cerita. Tetapi, hal ini tidak benar karena reporter tidak meliputi tipe jurnalis lainnya, seperti kolumnis, penulis utama, fotografer, dan desain editorial.

Kesimpulan saya, makna jurnalis lebih luas dari wartawan. Jurnalis meliputi wartawan/reporter, fotografer (wartawan foto), editor, penulis lepas, kontributor, koresponden, dan kolomnis.

Undang undang Pers no 40 tahun 1999 jelas mengatakan menghalang-halangi tugas wartawan didenda sebesar Rp 500 juta atau hukuman selama 2 tahun penjara.

5W+1H ADALAH

Berbicara tentang formula penulisan deskriptif dalam bahasa Inggris, yang perlu kita ketahui adalah 5W + 1H, yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana), Why (kenapa), dan How (bagaimana).

Nomor Telepon
Kebijakan Privasi

What (Apa)

Dalam penulisan deskriptif, fungsi kata ‘apa’ adalah untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi. Tidak hanya apa yang sedang terjadi tapi juga bisa apa saja detail dalam kejadian tersebut.

Who (Siapa)

Kata ini berfungsi untuk menjelaskan pelaku atau korban dalam suatu peristiwa, cerita, atau fenomena yang hendak dituangkan dalam penulisan deskriptif tersebut. Hanya saja perlu diketahui secara bersama bahwa deskripsi si pelaku atau korban dalam penulisan deskriptif tersebut harus ditulis secara jelas agar si pembaca mengetahui ciri-ciri si pelaku atau korban tersebut.

When (Kapan)

Banyak yang keliru mengenai arti kata ‘kapan’ dalam penulisan deskriptif. Kata ini perlu dipahami secara kritis bahwa ‘kapan’ tidak hanya mengenai hari dan tanggal, tapi bisa juga tentang waktu dan musim.

Where (Di mana)

Setiap individu yang berkomunikasi dengan bahasa verbal, pasti mengetahui apa arti kata ‘di mana’. Semua akan setuju bahwa arti kata ‘di mana’ mengarahkan kita kepada suatu tempat atau lokasi. Dalam penulisan deskriptif bahasa Inggris, pengarahan lokasi atau suatu tempat juga dapat dideskripsikan dengan penjelasan-penjelasan detil tempat-tempat tersebut.

Why (Kenapa)

Ini adalah salah satu bentuk kata yang mengarahkan kita kepada suatu hal yang mengkritisi orientasi detail cerita dengan setiap unsurnya. Setiap unsur tersebut dijelaskan secara sistematis dan ‘kenapa’ hal tersebut bisa terjadi.

How (Bagaimana)

‘Bagaimana’ lebih mengarahkan kita kepada suatu penjelasan proses yang berisi tentang bagaimana hal tersebut dapat terjadi. Selain itu, fungsi dari arti kata ini juga dapat menjadi unsur penjelas setiap deskripsi agar kalimat lebih mempunyai alur penulisan deskriptif.

WhatsApp
Hello, we are here for any question, feel free to talk with us
×
Translate »